Monday 13 April 2015

PEMANDIAN AIR PANAS BELULANG - TABANAN

Air panas Belulang berlokasi di Banjar adat Belulang, Desa Mengesta, Penebel, Tabanan, sekitar 16KM dari Kota Tabanan.


Sumber air panas ini berasal dari tengah pura dan dibawah pohon beringin yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat sejak puluhan tahun sebagai obat penyakit kulit. Pada umumnya air panas di bali berasal dari Gunung berapi, namun Air panas Belulang berbeda dengan pemandian air panas lainnya yang tersebar di daerah Bali, tempat ini jauh sekali dari Gunung berapi. 





Cerita yang berkembang turun temurun dari masyarakat sekitar bahwa dahulu terdapat sebuah kerajaan yang bernama "Penulisan" dengan Rajanya bernama Jaya Wikramayang yang pada saat tersebut menderita penyakit kulit yang parah. Atas himbauan Patih Agus Satya Wacana, disarankan berobat ke Pedukuhan "Lampah" pada seorang dukuh yang bernama Ki Dukuh Tangkas.
 Setelah mengikuti saran dari Ki Dukuh Tangkas dengan melaksanakan meditasi dan dengan ketekunan beliau dalam melaksanakan meditasi, akhirnya dari dalam tanah menyembur air panas dan atas petunjuk dari Ki Dukuh Tangkas agar melaksanakan pemandian setiap Kajeng Kliwon ugu sampai mendapatkan kesembuhan.

Sebagai ucapan terima kasih atas kesembuhan Raja terhadap Tuhan Yang Maha Esa, ditempat tersebut didirikan sebuah Pura untuk menghaturkan terima kasih kehadapan Tuhan Yang Maha Esa dan didirikan tugu peringatan



0 comments :

Post a Comment

Sample Text

Flickr Images

Contact Us

Name

Email *

Message *

Slider

Powered by Blogger.

Popular Posts